Kamis, 21 April 2016

Agar Rumah Terhindar dari Rayap

Agar Rumah Terhindar dari Rayap - Keberadaan rayap di dalam rumah akan sangat mengganggu durabilitas bangunan serta furnitur yang berbahan dasar kayu. Bagi material bangunan atau furnitur yang berbahan dasar kayu jati, mungkin rayap bukanlah masalah yang perlu dikhawatirkan. Namun, bagaimana jika kita banyak menggunakan kayu jenis lain? Tentu kita harus lebih teliti untuk menjaga rumah dari rayap. Meski sarang rayap berada di dalam tanah, namun tidak menutup kemungkinan jika pasukan rayap mampu menjangkau bagian atap rumah yang letaknya cukup tinggi. Sebelum  ada terlalu banyak kerusakan yang terjadi pada rumah Anda, sebaiknya Anda melakukan kegiatan pencegahan. Berikut ada beberapa tips yang cukup berguna bagi Anda:

Pertama, Anda bisa mengurangi pemakaian kayu di rumah Anda. Anda bisa mengganti kusen kayu menggunakan kusen alumunium. Meski harganya sedikit lebih tinggi, namun durabilitas lebih terjamin. Jika terpaksa menggunakan kayu, maka kayu jati bisa menjadi pilihan. Yang kedua, Anda harus lebih memperhatikan benda-benda di dalam rumah yang terbuat dari kayu. Lakukan pengecekan minimal satu bulan sekali. Apabila terdapat sebuah lubang, Anda bisa memastikan apakah di dalam lubang tersebut berisi rayap atau tidak. Jika ditemukan rayap, segeralah basmi baik menggunakan media alami ataupun kimia. Pencegahan semacam ini sangat dibutuhkan untuk menjaga rumah dari rayap. Setelah itu, Anda juga bisa mulai memberi jarak antara furnitur di dalam rumah Anda dengan dinding. Biasanya rayap akan mencari mangsa melalui dinding. Dengan jarak, maka kemungkinan rayap untuk meraih furnitur  akan semakin kecil.




atap galvalum baja ringan


Aspek kebersihan juga menjadi modal utama untuk membuat rumah Anda cukup jauh dari keberadaan rayap. Lalu apa saja aspek kebersihan yang perlu diperhatikan? Yang pertama adalah lubang ventilasi pada pintu atau jendela. Tempat kecil ini bisa saja menjadi akses bagi rayap untuk masuk dan menggerogoti isi rumah Anda. Jika perlu, tempatkan filter untuk mencegah hewan-hewan berukuran kecil masuk ke rumah. Kebersihan selokan dan area rumah dari air juga sangat penting untuk menjaga rumah dari rayap. Seperti yang kita ketahui, rayap menyukai tempat yang lembab, jadi pastikan bahwa kondisi temperatur rumah Anda cukup stabil.

untuk faktor kebersihan juga hindarkan penumpukan-penumpukan kardus atau karton di rumah anda, dikarena penumpukan kardus akan cepat mengundang datangnya rayap atau binatang-binatang kecil lainnya. bila pun ada penumpukan kardus atau barang-barang yang mengundang datangnya binatang-binatang kecil, berilah kapur barus atau kamper disekitarnya dan cek secara teratur agar tidak sampai ada rayap datang. bila waktu anda cek sudah ada, maka segerakanlah anda membeli obat anti rayap agar dengan cepat rayap terusir dari rumah anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar