Sabtu, 23 April 2016

Kehidupan Rayap dan Koloni-Koloninya

Kehidupan Rayap dan Koloni-Koloninya - Selama ini, rayap dikenal sebagai binatang pengerat berukuran kecil yang sangat sulit untuk dibasmi. Keberadaan sarang rayap biasanya tersembunyi. Cara rayap untuk mendapatkan makanan juga cukup cerdas karena mereka selalu menyebar dan sangat jarang bergerombol, kecuali memang sedang berada di dalam sarang. Lalu bagaimanakah kehidupan rayap sebenarnya? Tentu banyak dari kita yang sangat ingin mengetahui selu beluk kehidupan binatang yang mirip semut ini. Sebenarnya ada banyak jenis rayap dalam satu koloni atau satu sarang. Rayap terbagi dalam kelompok rayap pekerja, rayap prajurit, rayap ratu dan raja sayap. Sebagian besar anggota koloni akan menjadi rayap pekerja. Jenis rayap ini memiliki tugas rutin untuk mengumpulkan makanan, membangun sarang, bahkan merawat larva beserta induknya.

ratu rayap


Rayap pekerja cenderung mampu dalam mengolah kayu sebagai bahan makanan. Mereka akan memakan kayu dan memuntahkannya kembali sehingga siap untuk dimakan oleh rayap lain yang tidak termasuk dalam rayap pekerja. Setelah rayap pekerja, tugas yang dibutuhkan adalah penjagaan koloni. Hal inilah yang dilakukan oleh para rayap prajurit. Mereka akan siap siaga apabila terdapat predator yang mengancam kehidupan rayap di dalam sarang. Meski lebih membahayakan dalam menyerang musuh, namun rayap ini tidak bisa makan sendiri, maka mereka mencerna makanan yang sebelumnya telah dimuntahkan oleh para rayap pekerja. Selanjutnya, Anda juga pasti pernah melihat rayap induk atau yang lebih dikenal dengan ratu rayap. Sebenarnya wujud rayap ini adalah laron yang sering muncul pada waktu tertentu.




Ketika seekor rayap indukan telah terpilih menjadi ratu, maka tugas utamanya hanyalah untuk bertelur. Rayap tersebut akan terus mengonsumsi makanan yang disiapkan oleh rayap pekerja dan terus menerus bertelur untuk memperbesar anggota koloni. Aktivitas ini terus berlangsung hingga ratu rayap tersebut mencapai ajalnya. Beruntungnya, ratu rayap adalah serangga yang memiliki umur panjang. Apabila keadaan tanah atau sarang sempurna, maka usianya bisa mencapai lebih dari 50 tahun. Dalam satu koloni kehidupan rayap, hanya terdapat satu ratu rayap dan raja rayap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar